27 Januari 2010

antara kesabaran dan hikmah


pagi ini selesai sholat subuh dan membaca Al Qur'an, aku seperti biasa membuka jendela kamarku yang cukup besar sehingga luasnya langit di atas kamarku bisa terlihat dengan jelas. aku termenung sejenak sambil melihat langit yang baru memulai menampakkan keindahan birunya meski sedikit. aku tersenyum bahagia, pagi ini aku merasa tenang sekali, merasa berbeda dengan pagi lainnya. pagi ini aku bangun dengan penuh rasa syukur bahwa Allah telah menjawab kesabaranku selama ini.

bila aku merujuk dengan banyak yang aku alami 2 tahun belakangan ini, rasa kesabaranku benar-benar ditempa oleh Allah, banyak ujian bertubi-tubi yang aku alami dan semua menuntut kesabaran. Allah mengujiku, benar-benar mengujiku apakah aku sabar atau akan putus asa dan apakah aku yakin akan pertolongan dan janjiNya akan hikmah dalam ujian ini. apakah hatiku tetap teguh di atas agamaNya atau aku akan berpaling karena tidak kuat dengan ujian yang Allah berikan.

pagi ini, aku menyadari semua setelah Allah menjawab kesabaranku dengan hikmah yang begitu banyak, hikmah yang dulu di awal-awal ujian aku selalu mempertanyakan dengan tidak sabar, dan nyatanya memang pertolongan Allah itu datang bersamaan dengan kesabaran. Rasulullah bersabda: bahwasanya pertolongan Allah itu datang bersamaan dengan kesabaran (HR Tarmidzi). bisa jadi ujian yang telah lama berlalu hikmahnya baru bisa kita rasakan saat ini, seperti yang aku alami saat ini. aku tersenyum malu pada langit itu, aku yakin Allah sedang menatapku, aku malu karena aku dulu tidak sabar bahkan berprasangka buruk terhadap keputusanNya. aku tertawa kecil, ah teman aku malu pada Rabbku, aku seperti anak kecil yang manja di hadapanNya.

lewat semua inilah Allah ternyata memberiku dan mengajariku hikmah akan ilmu. dalam perjalanan semua inilah Allah mengajarkanku ilmu kesabaran, ilmu keikhlasan dan bagaimana menjadi seorang wanita yang dewasa. Allah menunjukkan kepadaku bahwa Dia memang tidak pernah tidur, dia selalu beserta hambaNya yang sabar, Dia pasti akan menolong hambaNya, pasti. dan pagi ini aku bahkan mensyukuri dulu yang pernah ku tangisi, ya semua bisa kita syukuri setelah kita bisa bersabar melalu ujian itu dan kemudian mendapatkan hikmahya.Ingatlah sesungguhnya pertolongan Allah amatlah dekat.(QS. Al Baqarah : 214)

dan roda perputaran hidup akan terus berjalan teman, kita memang akan menjalani hidup dengan penuh ujian lalu hikmah akan datang setelah ujian itu dan setelah itu kita akan diuji kembali. begitulah seterusnya. pagi ini setelah semuanya berlalu aku sangat bersyukur dengan semua hikmah yang telah aku dapatkan..Allahumma Rabbi..sungguh Engkau maha mengetahui segala sesuatu sedangkan hamba tidak mengetahui apapun kecuali sangat sedikit.

setelah ini mungkin aku akan kembali diuji oleh Rabbku, namun setidaknya hari ini aku telah mengerti bagaimana seharusnya aku menjalani semua ujian itu, setidaknya aku semakin yakin bahwa selalu ada kemudahan setelah kesukaran. ya akan selalu ada.

hummm burung-burung mulai keluar dari persembunyiannya, berkicau merdu, entah apa yang mereka senandungkan tapi aku yakin itu adalah senandung dzikrullah, langit pun mulai menghamparkan kilau birunya,  pagi semakin terang, ah.. ternyata cukup lama aku termenung tadi.subhanallaah.

saatnya bersiap-siap untuk beribadah menjemput rejeki dari Allah. Alhamdulillaah 'ala kulli hal ^^

7 komentar:

si Rusa Bawean Januari 28, 2010  

mbak
sampeyan fotografer yaaaa

koq fotonya keren bangettt

wulan prasetyati Januari 28, 2010  

bukan mz rusa ^^ aku emang suka googling foto-foto alam dan sudah banyak koleksiku.

I love nature view :)

terima kasih sudah berkunjung ke blogku, salam kenal

rima Januari 31, 2010  

Assalamu'alaikum..
salam kenal mbak dari saya.. renungan yang mbak tulis cukup mengena dengan saya. Thanks ya :)

wulan prasetyati Februari 01, 2010  
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
wulan prasetyati Februari 01, 2010  

wa'alaykumussalaam

iya mb rima salam kenal ukhuwah ya dariku ^^

semoga mb senantiasa dalam pertolongan Allah..Allahumman amiin :)

Tahitna Zip Juni 03, 2010  

Mbak salam kenal saya dari malang.. Jujur aq suka am bloq anda dr dlu.. Untuk itu bleh dong qt berteman di facebook kalu ada ksih alamatx ya mbk.. Add saya ya mbak. Tahitna zip

wulan prasetyati Juni 04, 2010  

mz tahitna, afwan jiddan saya ndak punya facebook atau jejaring sosial lainnya.

jazakallah sudah berkunjung ke blog saya. silahkan ambil manfaat yang ada di blog ini ^^

  © Blogger templates ProBlogger Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP