08 Februari 2010

Khodijah wanita berilmu dan berprinsip kuat


 
 Islam menganjurkan agar kita memiliki ilmu dan wawasan yang luas (QS Al Mujadalah 58:11) serta mempunyai kepribadian yang kuat (QS At Tin 95:4-6) sebagai salah satu kunci menuju kepribadian wanita solihah

aku menganggumi wanita-wanita yang teguh pada prinsip agamanya dan mempunyai karakter tegas dan kuat namun sebenarnya mempunyai hati yang lemah lembut. Khodijah adalah wanita pilihan Allah 'azza wa jalla untuk Muhammad Sallallahu 'alaihi wassalam yang telah memberikan ku begitu banyak inspirasi untuk menjalani hidup dan bagaimana seharusnya bersikap sebagai seorang wanita yang mulia.

siapa yang tidak kenal dengan wanita paling tenar sepanjangan masa ini. wanita yang paling kukagumi dan sangat menginspirasikanku. wanita pujaan hati Rasulullah Sallallahu 'alaihi wassalam, yang sampai beliau meninggal masih sering disebut-sebut namanya oleh suami tercintanya Muhammad Sallallahu 'alaihi wassalam. wanita ini begitu luar biasa mempunyai karakter yang tegas namun hatinya begitu lemah lembut. pandai menjaga kehormatan dan pandai berbisnis. wanita kaya yang tidak hanya berasal dari keturunan bangsawan, beliau juga berwawasan luas dan memiliki kepribadian yang kuat. 

Namun, sebagai pribadi yang memiliki wawasan luas dan berkepribadian kuat dia tidak mudah menjatuhkan pilihan pada sembarang pria. Baginya, harta yang melimpah dari para pria yang meminangnya tidak akan menjamin hidupnya bahagia. Oleh karena itu Khodijah tertarik pada seorang pria miskin bernama Muhammad (waktu itu belum menjadi Nabi dan Rasul). meski Rasulullah seorang lelaki yang tampan dan berasal dari keturunan bangsa Quraisy, namun itu bukan hal utama yang menjadikan Khodijah memilih Muhammad sebagai suaminya, dia memilihnya terutama karena akhlak Muhammad yang begitu mulia. sehingga menjadi sempurnalah ketampanan dan kebangsawan Rasulullah meski beliau hanya seorang yang miskin.

kita dapatkan kisah yang begitu terkenal ketika Muhammad telah menjadi suaminya yaitu ketika Rasulullah Sallallahu 'alaihi wassalam pulang dalam keadaan gemetar karena bertemu dengan malaikat jibril di gua hira, bagaimana Khodijah berkata dengan sangat lembut dan penuh cinta namun ada ketegasan kepada suaminya tercinta "Demi Allah, Allah tidak akan menghinakanmu selama-lamanya. Karena sungguh engkau suka menyambung silaturahmi, menanggung kebutuhan orang yang lemah, menutup kebutuhan orang yang tidak punya, menjamu dan memuliakan tamu dan engkau menolong setiap upaya menegakkan kebenaran" (HR. Muttafaqun ‘alaih).  

 Rasulullah Sallallahu 'alaihi wassalam tidak mendapatkan dari Khodijah kecuali peneguhan hati beliau, penggembiraan bagi beliau dan dukungan bagi urusan beliau. Rasulullah Sallallahu 'alaihi wassalam tidak pernah mendapatkan dari Khodijah sesuatu yang menyedihkan, baik berupa penolakan, pendustaan, ejekan terhadap beliau atau penghindaran. Akan tetapi Khodijah melapangkan dada beliau, melenyapkan kesedihan beliau, mendinginkan hati dan meringankan urusan beliau.

dan bersama wanita mulia inilah Rasulullah Sallallahu 'alaihi wassalam mengemban dakwah untuk menegakkan tauhid dan menyebarkan agama Islam. Khodijah adalah orang pertama yang masuk Islam dan menyatakan bahwa tiada Tuhan yang berhak disembah melainkan Allah. Khodijah adalah wanita berkarakter kuat, dia tidak bisa dipengaruhi oleh siapapun ketika berjuang bersama Rasulullah Sallallahu 'alaihi wassalam, dia tetap berada di sisi suaminya hingga ajal menjemputnya. dia adalah wanita yang mempunyai hati yang sangat teguh dalam keimanannya. dialah wanita pilihan Allah bagi Rasulullah Sallallahu 'alaihi wassalam dan dialah kelak penghulu wanita-wanita di surga.

subhanallaah..

0 komentar:

  © Blogger templates ProBlogger Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP