11 Februari 2011

merantau

merantau, aku termasuk jenis manusia yang senang merantau. setelah tamat SMA aku memulai perjalanan merantauku untuk menghisap ilmu di tanah lain, belajar hikmah di belahan bumi Allah yang lain. bertahun-tahun lamanya aku jauh dari orang tua yang kadang aku pulang 1 atau 2 tahun sekali ke rumah ya tiada lain pulang di hari lebaran.

dan kini setelah bertahun-tahun itu, disuatu ketika aku berikhtiar untuk memutar roda kehidupanku pada keadaan yang lebih baik, aku mengikuti tes pada suatu departemen pemerintahan yang cukup bergengsi, yang impikan oleh banyak orang, maka aku mengambil bagian di sana, Bismillaah itulah modalku, dan takdir terbuka, namaku tertulis di sana, ya, ada namaku yang dinyatakan lolos untuk masuk ke dalam sistem pemerintah kementerian itu.

maka aku harus siap menerima resiko ditempatkan dimanapun di seluruh Indonesia. maka aku berfikir kembali, Ya Rabb....ke mana lagi aku akan merantau, bumiMu mana lagi yang akan ku tuju....dan setiap malam dalam masa penantian itu aku berdo'a semoga Allah menempatkan aku ditempatkan yang terbaik yang Ia Ridhoi.

dan hari itu pun tiba, Subhanallaah....tak disangka aku ditempatkan ditanah kelahiranku sendiri.
ya..akhirnya perjalanan merantau itu untuk saat ini terhenti juga, aku akhirnya pulang.

senja yang menanugi masjid dekat rumahku baru menampakkan raut merahnya ketika adzan maghrib berkumandang dengan syaduhnya...lalu di masjid ini aku terdiam sejenak berfikir, mungkin seperti inilah kehidupan dunia, hanya singgah sesaat suatu hari nanti entah kapan dan itu pasti kita akan pulang ke rumah kita yang sebenarnya.

Dari Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhu berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memegang kedua pundakku lalu bersabda, “Jadilah engkau hidup di dunia seperti orang asing atau musafir (orang yang bepergian).”

ya..dan seorang perantau bagaikan seorang musafir...

lalu, masihkah kita akan lalai bahwa saat ini, hari ini, detik ini, kita hanyalah seorang musafir yang sewaktu-waktu akan dipanggil pulang oleh Sang Pemilik Jiwa kita...

sudah siapkah kita untuk pulang ?......

Read more...

  © Blogger templates ProBlogger Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP